Blue Fire Kawah Ijen Mendunia

Posted by


Berkah Herbal Banner 7


Keindahan alam Negeri ini sungguh luar biasa,  satu lagi surganya Indonesia yang berada perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur yaitu, Kawah Gunung Ijen. Bagi para pecinta petualang tentu, kawah ijen merupakan tujuan wajib untuk dikunjungi, Selain memilki sunrise dan kawah hijau yang memukau. Kawah Ijen juga memiliki fenomena api biru yang hanya ada 2 di dunia yaitu , di kawah ijen Indonesia dan satunya di Islandia. Keren bukan!!!

Fenomena api biru atau yang lebih dikenal dengan sebutan blue fire di Kawah Ijen ini rupanya sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, Kepala Bidang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jatim Sunandar Trigunajasa mengakui, wisatawan yang ke Ijen awalnya ingin menyaksikan petambang belerang dan matahari terbit. Namun, dua tahun terakhir, fenomena api biru yang ada di kawah menjadi daya pikat utama wisatawan.

Berdasarkan data BKSDA Jatim, pada Oktober 2010 lalu, saat api biru belum menjadi bagian dari promosi kawah Ijen, hanya ada 899 turis asing dan 226 turis lokal yang berkunjung ke Kawah Ijen. Namun, pada bulan yang sama di tahun 2013, ada 1.105 wisatawan asing dan 5.195 turis domestic yang berkunjung.

Untuk menyaksikan fenomena api biru ini, para wisatawan harus datang pada waktu malam sampai pagi saja tepatnya saat subuh. Karena saat itulah, api biru akan terlihat dengan jelas. Tiket masuk untuk mendaki Gunung Ijen dikenakan Rp 2.000 bagi wisatawan lokal dan Rp 15.000 bagi wisatawan asing, kawasan wisata kawah ijen ini dikelola oleh Departemen Kehutanan.

Potensi Kawah Ijen ini membuat pemda setempat kian gencar mempromosikannya. Dua tahun terakhir, misalnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan kompetisi balap sepeda taraf internasional tahunan Tour de Ijen, dengan tujuan mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara.

lazada.co.id


Blog, Updated at: 03.27

1 komentar:

  1. […] plateau or known as “Kawah Ijen” is highly recommended to mountain buffs and hikers. The Plateau was at one time a huge active […]

    BalasHapus