Macam-macam Tingkat Permintaan serta Tugas Pemasaran

Posted by



a.Permintaan negatif (negatif demand).

Permintaan negatif adalah dimana keadaan pasar menginginkan suatu produk namun pasar tidak menyukai produk yang dipasarkan. Contoh: pasar menginginkan kemeja namun pasar tidak menyukai kemeja yang tak bersaku. Tugas pemasaran adalah  menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk itu, dan bagaimana dapat mengendalikan kepercayaan dan sikap konsumen atau pasar.

b. Tidak ada permintaan (no demand).

Tugas pemasar adalah menemukan guna menghubungkan keuntungan dari produk itu dengan kebutuhan dan minat alamiah seseorang.

c. Permintaan yang terpendam (latent demand).

Tugas pemasaran adalah mengukur besar kecilnya pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang bisa memuaskan permintaan itu.

d. Permintaan menurun (failing demand)

Tugas pemasaran adalah meningkatkan kembali menurunnya permintaan melalui berbagai penyempurnaan dan perbaikan produk serta pemasaran ulang secara kreatif.

e. Permintaan tak beraturan (irregural demand)

Tugas pemasaran adalah menemukan cara –cara untuk mengubah pola waktu permintaan melauli penetapan harga yang luwes, promosi dan berbgai perangsang.

f.Permintaan penuh (full demand).

Tugas pemasaran adalah memperhatikan tingkat permintaan dalam menghadapi perubahan selera konsumen  dan meningkatkan persaingan kualitas dengan menjaga kepuasan konsumen.

g. Permintaan berlimpah (over full demand).

Tugas pemasaran adalah demarketing, artinya menurunkan kembali laju permintaan, membutuhkan penemuan cara-cara untuk mengurangi permintaan seperti menaikan harga produk dll.

h. Permintaan tidak sehat (unwholesome).

Tugas pemasaran adalah menyadarkan orang yang menyukai produk semacam itu untuk berhenti menyukainya, berhenti menggunakan alat-alat semacam itu sebagai komunikasi yang membahayakan, menaikan kualitas harganya dan mengurangi penyediaannya.


Blog, Updated at: 04.57

0 komentar:

Posting Komentar